BudayaEra Globalisasi

Cara Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi

Posted On
Posted By admin

Cara Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi ini sebenarnya cukup beragam dan bisa kita terapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Budaya ini adalah merupakan salah satu warisan dari leluhur yang tidak ternilai harganya sehingga buaya ini menjadi sangat penting terhadap bangsa. Apalagi budaya juga bisa menjadi identitas unik dari bangsa Indonesia yang membuatnya berbeda dari negara lainnya.

Sebagai masyarakat negara Indonesia, tentu sangat penting dan wajib bagi anda dalam melestarikan budaya yang kita punya. Baik itu budaya dari lagu tradisional, alat musik tradisional, kesenian tradisional, adat istiadat daerah, hingga bahasa daerah. Mulai orang dewasa, anak muda maupun anak kecil wajib harus menolong dalam melestarikan beragam budaya tersebut.

Cara Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi

Cara Melestarikan Budaya Indonesia Agar Tidak Hilang di Era Globalisasi

Cara Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi, Masuknya era globalisasi memberikan berbagai dampak positif tersendiri yang membawa banyak perubahan untuk manusia. Misalnya yaitu membuat teknologi semakin canggih, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, berkembangnya ilmu pengetahuan, meningkatkan efektivitas dalam berbagai hal, mempermudah pertukaran informasi , dan berbagai dampak positif lainnya.

Meskipun membawa banyak dampak positif yang bagus, era globalisasi juga memiliki dampak buruk tersendiri. Contoh dampak buruknya yaitu terkikisnya warisan budaya karena masuknya budaya kebarat-baratan yang menarik minat banyak orang terutama dari kalangan muda. Penduduk di Indonesia sudah mulai tertarik dalam meninggalkan cara gaya hidup yang lama dan memulai gaya hidup modern.

Seiring berjalannya era globalisasi ini semakin banyak orang lebih tertarik dengan budaya luar dan mulai meninggalkan budaya asli Indonesia. Hal tersebut tentunya sangat mengancam kelestarian kebudayaan. Untuk mencegahnya maka penting untuk terus melestarikan budaya. Aturan dalam melestarikan budaya Indonesia di era globalisasi ini mempunyai berbagai ragam jenis. Berikut adalah beberapa caranya yang bisa kita terapkan:

Menggunakan Bahasa Daerah dalam Berkomunikasi Sehari-hari

Bahasa daerah termasuk budaya yang harus kita lestarikan. Indonesia mempunyai banyak sekali dalam bahasa daerah yang begitu berbeda dengan satu daerah dan antara daerah lainnya. Adanya perbedaan bahasa daerah ini membuat Indonesia semakin kaya akan budaya. Untuk menjaga kelestarian bahasa daerah ini maka bisa dengan menerapkan bahasa daerah dalam kegiatan berkomunikasi sehari-hari.

Orang tua harus bisa mengajarkan bahasa daerah ini untuk anak-anak mereka sejak masih kecil. Cara ini akan membuat masyarakat baik anak-anak muda maupun orang dewasa akan terbiasa dan bisa mengingat bahasa daerah asli mereka. Dengan begitu maka bahasa daerah tidak akan terlupakan maupun hilang karena terus digunakan oleh generasi ke generasi selanjutnya.

Jangan Terlalu Terpengaruh Oleh Budaya Asing

Di ajang era globalisasi ini sudah terlalu banyak budaya asing yang masuk ke dalam Indonesia. Hal tersebut membuat banyak orang mulai tertarik dengan budaya asing tersebut. Mempelajari budaya asing memang bukan hal yang salah. Namun cara melestarikan budaya Indonesia selanjutnya jangan sampai terlalu terpengaruh dengan budaya asing hingga kehilangan minat dengan budaya Indonesia.

Meskipun ada budaya asing yang baru dan lebih menarik, sebagai masyarakat Indonesia kita harus tetap mempertahankan dan mempelajari budaya tradisional asli. Kita juga harus tetap mengutamakan budaya Indonesia terlebih dahulu daripada budaya asing yang baru masuk. Sehingga budaya asli bisa tetap lestari dan tidak tergantikan dengan budaya asing.

Menumbuhkan Rasa Bangga dan Cinta pada Budaya Indonesia

Rasa cinta dan bangga karena memiliki budaya juga bisa membantu menjaga budaya agar tetap lestari dan tidak terlupakan. Oleh karena itu setiap orang harus mulai menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya yang ada di Indonesia. Dengan menunjukkan rasa bangga terhadap suatu budaya, maka orang lain juga akan mulai tertarik dengan budaya Indonesia.

Aktif Melestarikan Budaya dengan Ikut Serta Secara Langsung

Cara melestarikan budaya Indonesia selanjutnya yaitu dengan ikut serta secara langsung dalam berbagai kegiatan budaya. Misalnya yaitu dengan ikut memainkan alat musik tradisional, ikut serta dalam kegiatan pertunjukan tradisional seperti tari-tarian, mengikuti upacara adat khas dan lain sebagainya. Kegiatan melestarikan budaya ini tentu menarik dan mampu memberi pengalaman yang seru.

Memanfaatkan Sosial Media untuk Mengenalkan Budaya

Sosial media juga bisa menjadi alat untuk melestarikan dan mengenalkan budaya tradisional Indonesia kepada banyak orang bahkan dunia. Masyarakat bisa memanfaatkan berbagai platform sosmed untuk membagikan foto hingga video tentang kebudayaan. Dengan begitu maka budaya bisa semakin terkenal diantara masyarakat Indonesia sendiri maupun dunia.

Mengenalkan Budaya di Sekolah

Sekolah juga memiliki peran penting untuk mengenalkan budaya pada siswa siswinya. Ada banyak cara bagi sekolah untuk mengenalkan budaya dengan cara yang menyenangkan untuk siswa siswi. Misalnya yaitu dengan mengadakan pentas seni, ekstrakurikuler kesenian daerah, mengadakan pameran budaya, mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah, dan sebagainya.

Efektifkah Cara Melestarikan Budaya Tersebut?

Beberapa orang mungkin penasaran apakah cara melestarikan budaya Indonesia di atas benar-benar efektif untuk mencegah hilangnya kebudayaan atau tidak. Beberapa cara di atas tentunya cukup efektif untuk menjaga budaya agar tidak terlupakan. Sehingga nantinya berbagai kebudayaan masih bisa terus dilanjutkan hingga ke generasi-generasi selanjutnya.

Cara ini juga semakin efektif apabila masyarakat memang memiliki kesadaran betapa pentingnya melestarikan budaya, sehingga mereka bisa berusaha dengan sungguh-sungguh untuk terus melestarikan budaya asli Indonesia. Karena itu setiap orang tentunya sangat perlu pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya melestarikan kebudayaan asli Indonesia.

Cara melestarikan budaya Indonesia di era globalisasi ini tentunya sangat penting dan harus diterapkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Dengannya maka kebudayaan bisa terus terjaga meskipun banyak budaya asing yang masuk karena globalisasi. Identitas Indonesia yang khas dengan berbagai kebudayaan tersebut juga bisa terus terjaga.

Kesimpulan:

Melestarikan budaya adalah upaya untuk menjaga warisan budaya agar tetap hidup dan berkembang. Karena itu pentingnya budaya menunjukan identitas suatu bangsa dan landasan terhadap suatu pengembangan. Dengan melestarikan budaya, kita menjaga warisan berharga untuk generasi selanjutnya dan memperkuat fondasi bangsa untuk masa depan yang lebih baik.

Related Post

leave a Comment